EN IN
+

Emas Mikro dan Perhiasan Produksi Hartadinata Diawasi AJSI

22 Jun 2021 by Admin

  • share

Liputan6.com, Jakarta Anak perusahaan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk., PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI) mengawasi proses produksi emas batangan ukuran mikro dan emas perhiasan yang dibuat PT Hartadinata Abadi Tbk. (Hartadinata) di Bandung, Jawa Barat. Pengawasan dilakukan untuk memastikan produk EmasKITA dan Kencana sesuai dengan standar emas Antam.

"Kami akan berperan dalam mengawasi proses produksi emas yang berlokasi di Bandung," kata Direktur Utama, PT Abuki Jaya Stainless Indonesia, Bambang Wijanarko dalam Konferensi Pers Peluncuran EmasKITA dan Kencana, Jakarta, Selasa (22/6).

Bambang menjelaskan, produksi dua produk yang baru dirilis Antam dan Hartadinata ini berbahan baku emas murni yang ditambang perusahaan emas milik negara. Bahan baku tersebut akan diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan emas batangan dengan ukuran kecil dan emas perhiasan oleh Hartadinata.

Pengawasan yang dilakukan AJSI dengan membuat standarisasi yang sama dengan Antam di pabrik Hartadinata. Mulai dari bongkar muat bahan baku, standarisasi prosedur kerja dan pengendalian kualitas produk. 

Termasuk melakukan akurasi berat setiap produk yang dihasilkan. Sebab kemurnian emas yang digunakan dalam dua produk ini 99,99 persen atau setara logam mulia.

"Ini sangat penting buat memastikan agar masyarakat menerima produk emas mikro dan kencana sesuai standar Antam," kata dia.

Dia menambahkan, dalam setiap produk yang dikeluarkan akan disertakan hologram dan QR Code. Sehingga masyarakat dapat melakukan verifikasi keasliannya setelah melakukan pemindaian (scanning) dari barcode yang ada pada kemasan. Hasil pemindaian tersebut nantinya akan mengarahkan pengguna untuk masuk ke website resmi produk EmasKITA.

"Masyarakat dapat melakukan verifikasi keasliannya dalam website www.emaskita.id," kata Bambang.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.om

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4588411/produksi-emas-mikro-dan-perhiasan-produksi-hartadinata-diawasi-ajsi

Berita Lainnya