EN IN
+

Sejarah Perusahaan

Selama lebih dari 20 tahun melalui produk-produk perhiasan dan jaringan ritelnya, PT. Hartadinata Abadi Tbk. (Hartadinata) hadir melayani masyarakat Indonesia melalui keindahan, inovasi dan pelayanan. Sebagai perusahaan terbuka (Tbk.), Hartadinata menjadi pionir di industri manufaktur perhiasan emas tanah air melalui filosofi “Dari Hati Untuk Keindahan Sejati”, yang mengedepankan komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik tidak hanya bagi para pelanggannya, tetapi untuk seluruh para pemangku kepentingan Hartadinata.

Melalui konsep bisnis yang terintegrasi, Hartadinata membangun keunggulan bersaingnya melalui empat pabrik yang menghasilkan produk perhiasan berkualitas dan jaringan distribusi yang mencakup pasar domestik melalui jaringan grosir, toko-toko emas, waralaba dan jaringan ritel toko Hartadinata sendiri. Jaringan ritel toko Hartadinata mengusung empat merek yaitu Aurum Collection Center (ACC), ACC Premium, Claudia Perfect Jewellery dan Celine Jewellery. Seiring dengan pertumbuhan perseroan, saat ini PT. Hartadinata Abadi, Tbk, telah memiliki anak usaha yang bergerak di bidang aplikasi yaitu PT. Aurum Digital Internusa. Tidak hanya itu, Hartadinata pun mengembangkan bisnis di bidang pegadaian emas yang dikelola oleh PT Gemilang Hartadinata Abadi. Menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat serta keinginan pasar yang semakin instan, kini Hartadinata pun melakukan transformasi digital untuk bekerjasama dengan platform e-commerce seperti Shopee maupun Tokopedia untuk menyasar market end user. Di sisi B2B, tidak ketinggalan Hartadinata pun melakukan hal yang sama untuk digitalisasi market melalui aplikasi hrta.store yang akan mempercepat dan meningkatkan transaksi. Kedepannya Hartadinata akan senantiasa melakukan inovasi serta meningkatkan jumlah toko ritelnya dan cakupan pasarnya ke seluruh Indonesia melalui penambahan toko ritel sendiri, waralaba, kerjasama dengan institusi, dan jaringan e-commerce yang lebih besar.

For over than 20 years, through its jewellery products and retail networks, PT. Hartadinata Abadi Tbk. (Hartadinata) has been here to serve the people of Indonesia through beauty, innovation, and service. As a public company (Tbk.), Hartadinata has become a pioneer in the country’s gold manufacturing industry with its philosophy of “From the heart for true beauty”, which put forward a commitment to always serve the best for all Hartadinata stakeholders.

Through the integrated business concept, Hartadinata has built its competitive advantages from the four factories producing quality jewelry pieces and distribution networks that cover domestic market through wholesalers, gold shops, franchises, and Hartadinata-owned retail stores network. Hartadinata-owned retail stores network carries three brands namely, Aurum Collection Center (ACC), Claudia Perfect Jewellery, and Celine Jewellery. Along with the Company’s growth, PT. Hartadinata Abadi, Tbk currently has several subsidiaries in the application industry named as PT. Aurum Digital Internusa. Furthermore, Hartadinata also developed and expand its business in the field of the gold pawn that is managed by PT. Gadai Cahaya Dana Abadi and PT. Gadai Terang Abadi Mulia. In order to face the increasingly rapid technology development and market demand that become more instant, Hartadinata currently doing digital transformation through collaboration with e-commerce platforms such as Shopee and Tokopedia to target the end user market. On the B2B side, Hartadinata is also doing market digitalization through hrta.store application that will fosters and increase transactions. In the future, Hartadinata will continue to innovate and increase the number of retail stores and expand its market coverage throughout Indonesia by the means of increasing the number of Hartadinata-owned retail stores, franchises, collaborations with institutions, and greater e-commerce network.

  • 1989-1996
    Awal Berdiri Berawal ketika Ferriyady Hartadinata bekerja sebagai seorang marketing gold jewellery.
  • 1997
    Awal mula usaha
    makloon perhiasan
    Pada saat itu produksi masih berupa hand-made
    jewellery yang dilakukan dalam skala home industry.
  • 1997-1998
    Pembukaan Outlet Pertama Outlet pertama dibuka di Jalan Cibaduyut Bandung dengan nama Toko Mas ACC yang terus bertumbuh pesat hingga memiliki 51 cabang di Jawa Barat.
  • 1998
    Masa Krisis Ekonomi Indonesia Berbeda dengan perusahaan pesaing membatasi produksi perhiasan, Ferriyady Hartadinata melihatnya sebagai sebuah peluang usaha sehingga mengambil keputusan untuk memperbesar produksi handmade jewellery.
  • 2006
    Outlet diamond Claudia berdiri Outlet perhiasan pertama dibuka dengan nama Claudia Perfect Jewellery yang saat ini berkembang telah memiliki 3 outlet diantaranya di Istana Plaza Bandung , Grand Metropolitan Mall Bekasi, dan Paskal Hypersquare.
  • 2015
    Pengembangan Produksi Selain bidang casting produk (cincin, liontin, gelang, anting dan giwang) perusahaan mengembangkan produksi kalung yang didukung dengan mesin berteknologi dari Italia.
  • 2015
    Berdirinya Outlet Diamond Celine Jewellery Berbeda dengan Claudia yang sebelumnya sudah berdiri dan menyasar target high-end, Celine Jewellery berdiri untuk menyasar segmentasi middle-high dengan diferensiasi produk yang mengarah kepada produk fashion. Hingga saat ini, Celine telah memiliki 2 outlet yaitu di Festival City Link dan Trans Studio Mall.
  • 2017
    PT Hartadinata Abadi berkembang menjadi perusahaan terbuka Pada tahun ini PT Hartadinata Abadi, Tbk berhasil mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten HRTA . Dengan menjadi perusahaan perhiasan emas terbuka pertama di Indonesia Hartadinata berharap bisa menjadi lebih professional dalam menerapkan good corporate governance dan mencapai visi perusahaan.
  • 2017
    PT Hartadinata Abadi, Tbk bekerjasama dengan Matahari Departement Store Sejak 2017, perusahaan melakukan kerjasama eksklusif dengan Matahari Departement Store untuk pembukaan gerai ACC. Artinya, tidak ada kerjasama dengan department store dan retail lain selain Matahari Departement Store.
  • 2017
    PT Hartadinata Abadi,Tbk berpartisipasi dalam pameran Merupakan awal mula PT. Hartadinata Abadi berpartisipasi dalam pameran berskala Internasional yang biasanya dilakukan 2 kali setahun yaitu Jakarta dan Surabaya. Pameran ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) dan setiap tahunnya PT.Hartadinata Abadi selalu berpartisipasi di dalamnya.
  • 2018
    PT Hartadinata Abadi, Tbk merilis hrta.store Hrta.store merupakan platform e-commerce yang berisi katalog digital perhiasan , ditujukan kepada toko grosir untuk memperpendek waktu perputaran permintaan dan penyedian perhiasan emas.
  • 2019
    PT. Gadai Cahaya Dana Abadi Berdiri Merupakan anak perusahaan PT.Hartadinata Abadi,Tbk yang bergerak di bidang gadai wilayah Jawa Barat yang sudah memiliki izin dari OJK. PT Gadai Cahaya Dana Abadi berkantor pusat di Komplek Topaz Residence, Rancamanyar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
  • 2019
    PT. Aurum Digital Internusa diakuisisi dan merilis aplikasi Masduit Merupakan anak perusahaan PT.Hartadinata Abadi Tbk, dimana 90 % sahamnya telah diakusisi. Melalui anak usaha ini, PT.Hartadinata Abadi berusaha melakukan ekspansi ke ranah bisnis digital dimana saat ini telah diluncurkan aplikasi Masduit sebagai platform e-commerce untuk transaksi jual beli Logam Mulia secara real time.
  • 2019
    PT. Hartadinata Abadi, Tbk bekerjasama dengan IPMI Berkolaborasi dengan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), PT.Hartadinata Abadi diberi kesempatan untuk menampilkan fashion show bertema “METAMORFOSA”. Dalam kesempatan ini, PT.Hartadinata Abadi berkolaborasi dengan 16 desainer ternama Indonesia, diantaranya Ivan Gunawan, Hian TJen, Sebastian Gunawan, Danny Satriadi, dll.